Beranda > Internet, Teknologi > Pengaruh Jejaring Sosial di Kalangan Pelajar

Pengaruh Jejaring Sosial di Kalangan Pelajar

Efek Social Media di Kalangan Pelajar (Anak Muda)

Seperti kita ketahui Facebook dimulai dengan tujuan mengkoneksikan para pelajar. Walaupun ditujukan untuk kalangan pelajar, tapi apakah Facebook bisa membantu proses edukasi secara nyata? Karena di negara kita Indonesia sering kita dengar banyak pelajar yang kecanduan situs seperti FaceBook maupun Twitter dan akhirnya malah melupakan kegiatan utama mereka yaitu menuntut ilmu.

Infographic berikut ini membahas efek positif dan negatif dari perkembangan teknologi social media bagi para mahasiswa dan juga anak sekolahan. Karena tidak bisa dipungkiri target dari website social media seperti FaceBook adalah kalangan muda yang notabene masuk kalangan pelajar. Disini anda juga dapat melihat seberapa jauh social media dan Internet dapat mengganggu para pelajar, dan bagaimana efek mentalitas yang ditimbulkan jika para pelajar ini mengurangi atau kecanduan social media dan Internet?

Secara keseluruhan infographic berikut tidak secara gamblang menjawab apakah Internet, social media dan situs-situs jejaring sosial lebih banyak memberikan dampak negatif atau positif. Karena menurut saya pribadi semua itu tergantung dari penggunanya dalam memanfaatkan apa yang disuguhkan oleh teknologi. Tidak hanya dari sisi pengguna saja, lingkungan pun menjadi faktor penting dalam mendorong prilaku pengguna dan tentunya efek yang didapatkan. Tidak bisa dipungkiri juga situs seperti Facebook dan Twitter memiliki nilai positif yang luar biasa dalam penyebaran informasi yang bermanfaat.

Dari infographic ini saya rasa kita bisa menggambil cara menggunakan social media secara lebih baik lagi khusunya bagi pelajar. Dan agar kita bisa tahu dan mengajarkan kepada adik-adik atau teman kita bagaimana mengontrol aktivitasnya di social media sehingga dapat mendukung kegiatan belajar mereka dan bukan malah menghancurkan masa depan mereka.

Kesimpulannya kita harus memiliki konsep di kepala kita, bagaimana teknologi, social media, Internet dan lain sebagainya bisa membuat kita menjadi manusia yang lebih baik. Bagaimana cara mengatur waktu kita dengan adanya fenomena seperti ini. Dan bagaimana kita bisa tetap produktif dan bahkan makin produktif dengan kondisi sekarang ini.So.. bagaimana pendapat anda ?

teknojurnal


  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: