Beranda > Handphone, Internet, Komputer, Teknologi > Facebook Bocor, Akun Pribadi diakses Orang Lain

Facebook Bocor, Akun Pribadi diakses Orang Lain

Kebocoran di Facebook, Akun Pribadi Bisa Diakses Orang

Ilustrasi Facebook

[SAN FRANCISCO] Hati-hati bagi Anda yang memiliki akun pribadi di situs jejaring sosial Facebook. Karena bisa saja akun yang Anda miliki disalahgunakan orang lain yang tak bertanggungjawab. Perusahaan yang bergerak di bidang keamanan komputer Symantec, baru-baru ini mengindikasikan, kalau jejaring sosial Facebook tanpa sengaja telah membuka pintu untuk para pengiklan mengakses data profil, gambar, dan bahkan berbicara (chat) dengan memakai akun pribadi orang yang diambil datanya.

Symantec menemukan, kalau sejumlah aplikasi Facebook yang bocor dengan mudah dimabil orang untuk mengakses data pemilik akun, membaca pesan, dan bahkan menulis pesan atau status di dinding (wall) mereka, dan sejumlah hal yang lain. Aplikasi Facebook adalah jaringan perangkat lunak yang terintegrasi dengan platform di jaringan sosial tersebut.

Symnatec mengatakan, setiap harinya sebanyak 20 juta aplikasi seperti permainan (games) di install ke Facebook. Kebocoran pintu yang terbuka di Facebook ini berasal dari aplikasi pihak ketiga termasuk pemasang iklan dan analisa platform yang membuat mereka bisa mengakses ke pesan-pesan ataupun informasi pribadi dari pemilik akun.

“Tampaknya pihak ketiga ini tak menyadari kalau mereka telah memiliki pintu masuk untuk mengakses informasi. Kami harus melaporkannya ke Facebook supaya mereka bisa mengambil tindakan untuk mengeliminasi masalahnya tersebut,” ungkap Nishant Doshi dari Symantec.

Pihak Facebook telah mengonfirmasi, kalau mereka sudah menemukan masalah kebocoran tersebut.

Menurut Symantec pihaknya belum mendapatkan data mengenai berapa jumlah informasi pribadi yang diakses orang lain sejak aplikasi Facebook diluncurkan pada 2007.  Suara Pembaruan

  1. Mei 14, 2011 pukul 5:38 am

    Sudah aku tebak, benar ternyata. Beberapa kali ada teman dan grup di jejaring facebook yg tiba2x chating dg diriku. Anehnya mereka memakai bahasa English, yg tak awajar aku terima dari orang yg biasanya atua tak mampu berbicara dlm bahasa itu.
    Lalu, menawarkan untuk mengunjungi tautan berupa URL dg inskripsi yg tak bisa aku pahami, sebagai orang awam dlm TI.
    Kalo begitu, sangat berbahaya sekali jejaring ini.
    Spertinya aku akan sedikit mengurangi aktivitas dalam jejaring itu. Lebih baik.

    • Mei 24, 2011 pukul 9:55 am

      iya bu ono .. bolehlah kita menggunakan situs jejeraing ini… tapi jangan terlalu terbuka apalagi samapai mencantumkan nomor telfon di facebook, untk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: