Beranda > Access Point, Handphone, Internet, Komputer, Sharing Internet, Teknologi, Wifi > System Operasi Symbian Terbaru

System Operasi Symbian Terbaru

Anna, Sistem Operasi Symbian Terbaru
Smartphone yang telah menggunakan sistem operasi Symbian sebelumnya, bisa diupgrade.

Symbian merupakan sistem operasi yang ditujukan khusus untuk smartphone dan sempat digunakan oleh NTT DoCoMo, Sony Ericsson, dan kini dipertahankan oleh Nokia. Versi terbaru, yakni Symbian Anna secara resmi dihadirkan pada April 2011.

Menurut Irwan Hermawan, Market Product Manager Nokia Indonesia, dibanding sistem operasi sebelumnya yakni Symbian^3, sistem operasi ini telah mengalami pembaruan di sisi browser, virtual keyboard ketika ponsel dalam orientasi vertikal, serta scrolling di homescreen yang lebih baik.

“Ada dua perangkat yang menggunakan secara langsung sudah dipasangi sistem operasi terbaru tersebut yakni Nokia E6 dan Nokia X7 yang baru akan hadir pada pertengahan Juni mendatang,” kata Irwan saat memperkenalkan fitur sistem operasi itu di Jakarta, 31 Mei 2011.

Smartphone sebelumnya, kata Irwan, yang telah menggunakan Symbian^3 seperti Nokia N8, E7, C7 and C6-01, juga akan dapat diupgrade sistem operasinya ke Symbian Anna. “Upgrade bisa dilakukan terhadap ponsel-ponsel tersebut, namun baru bisa dilakukan dalam beberapa waktu mendatang,” ucap Irwan.

Dari sisi handset yang sudah mendukung Symbian Anna, seri E6 merupakan smartphone Qwerty – touchscreen pertama Nokia yang didesain dalam bentuk monoblock. Sama seperti ponsel seri E lainnya yang ditujukan untuk segmen bisnis, Nokia E6 mendukung akses ke sistem email korporat lewat Mail for Exchange dan Microsoft Communicator. Untuk pengamanan, data yang tersimpan, baik pada memori internal ataupun microSD juga bisa dienkripsi secara hardware.

Nokia X7 sendiri merupakan smartphone layar sentuh untuk segmen hiburan. Dengan layar yang besar (4 inci), ponsel kini lebih nyaman saat digunakan untuk browsing internet, melihat konten video (dengan konektivitas WiFi, HSDPA/HSUPA, atau Bluetooth 3.0), ataupun bermain game. Ada 2 game yang otomatis disediakan yakni Asphalt 5 HD dan Galaxy on Fire HD.

Kedua smartphone baru akan hadir di pasaran Indonesia pada pertengahan Juni 2011 di harga Rp3,5 juta untuk E6 dan Rp4,25 juta untuk X7. E6 juga ditawarkan seharga Rp3 juta bagi yang melakukan pre order secara online.

VIVAnews

  1. Juni 8, 2011 pukul 4:48 am

    hmmmm,mungkinkah bisa bersaing dengan RIM

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: