Beranda > Aneka Produk, Handphone, Teknologi > Belanja dengan Kartu GSM

Belanja dengan Kartu GSM

Kartu GSM Sudah Bisa Dipakai untuk Pembayaran

Selain belanja, ia juga bisa digunakan untuk membeli tiket KA kelas ekonomi Jabodetabek.

Teknologi contactless payment, atau pembayaran menggunakan kartu yang dilengkapi dengan radio frequency identification (RFID) sudah umum digunakan di sejumlah negara di Amerika, Eropa, dan Asia.

Jumlah pengguna yang beralih ke metode pembayaran non tunai, baik melalui transaksi online ataupun dompet elektronik seperti contactless payment itu juga meningkat. Diperkirakan, tahun 2013 mendatang, secara global, transaksi dengan metode ini mencapai nilai US$600 miliar.

Kini, teknologi pembayaran dengan RFID tersebut sudah mulai pula digelar di tanah air dengan nama Tap-Izy. Sebagai awalan, pengguna yang berbelanja di Indomaret, Starmart, Solaria dan Disc Tarra pada sekitar 500 gerai yang ada di Jabodetabek sudah bisa memanfaatkannya.

Menurut Bambang Supriyogo, Vice President T-cash Management Telkomsel, Tap-Izy merupakan produk kartu SIM yang dilengkapi dengan chip RFID di dalamnya. Chip itu memungkinkan pelanggan melakukan transaksi pembayaran dengan mendekatkan ponsel ke sensor yang ada di mesin Tap-Izy di kasir.

Kartu SIM khusus yang memiliki chip RFID itu bisa didapatkan di Grapari dan gerai Indomaret serta 7-Eleven bertanda Tap-Izy. Pengguna Telkomsel prabayar dan pascabayar bisa menukar kartu SIM mereka dengan kartu Tap-Izy namun tetap bisa menggunakan nomor seluler yang sama.

Setelah kartu diaktifkan, pengguna bisa mengisi “dompet” itu dengan nominal Rp25 ribu hingga Rp1 juta di Grapari serta Indomaret atau lewat T-Cash. Setelah kartu seluler diisi, saldo yang ada bisa digunakan untuk transaksi pembayaran di mitra-mitra Tap-Izy di Jabodetabek, dan ke depannya di seluruh Indonesia.

Selain untuk transaksi belanja, Tap-Izy juga bisa digunakan untuk membeli tiket kereta api Jabodetabek kelas ekonomi di loket-loket penjualan tiket kereta di 24 stasiun di Jabodetabek. Dalam waktu dekat, pengguna kereta commuter line (kereta kelas ekspress) juga bisa menggunakan layanan ini.

Saldo dana yang tersimpan di kartu GSM itu sendiri berbeda dengan pulsa yang tersedia untuk berkomunikasi. Pembayaran menggunakan Tap-Izy tidak memotong pulsa seluler di kartu SIM yang bersangkutan.

VIVAnews

  1. kukuh budiharso
    Juli 8, 2011 pukul 1:52 am

    mantab… kapan bisa diterapkan di Indonesia…. salam kenal http://budiharso.wordpress.com

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: